Tuesday 31 May 2011

Pahlawan Devisa yang terlupakan: Pekerja Indonesia di Hong Kong

Ratusan ribu pekerja Indonesia saat ini ada di Hong Kong untuk mencari sesuap nasi secara halal, demi untuk menghidupi keluarga mereka yang ada di Indonesia. Mereka adalah para pekerja yang ulet dan tekun, berani menyeberangi lautun untuk mencari rezeki, dengan berbagai resiko.

Mereka yang saat ini beada di Hong Kong masih beruntung, karena di HK sudah ada peraturan Tenaga Kerja Asing yang baku dan dilakukan dengan baik, sehingga sangat jarang sekali yang ditelantaerka, seperti para pekerja Indonesia di Saudi Arabia dan negara-negara lain di Timur Tengah.

Gaji minimun sebagai "Domestic Helper" adalah sebesar HK$3.700 (Rp 3,7 juta) per bulan bersih, sebab mereka diperbolehkan tinggal dan makan-minum dirumah majikan mereka. Namun ada diantara mereka yang levelnya lebih tinggi sebagai sekretaris atau manajer dengan gaji sebesar HK$10.000 (Rp 10 juta).

Mereka mendapat libur satu hari penuh tiap minggu, biasanya hari Sabtu atau Minggu, dan boleh pergi kemana saja untuk ber-rekreasi, biasanya berkumpul di taman-taman yang banyak di Hongkong, antara lain di Causeway Bay Park yang terdapat banyak restoran Indonesia yang tarif-nya terjangkau, sekitar HK$20-HK$50 satu porsi (Rp 20.000 -50.000), hampir sama dengan harga-harga di Indonesia.

Berapa besar Devisa yg masuk Indonesia tiap bulan? Kalau rata2 mereka bisa kirim HK$2000 x 100.000 pekerja = HK$200 juta per bulan atau HK 1,2 Milyar pertahun = Rp 1,2 Trilyun per tahun...
Hong Kong adalah sebuah negara maju, dengan kehidupan yang serba teratur, dimana-mana ada akses Internet dan WiFi, melalui yang gratisan sampai yang berbayar bulanan. Ternyata para Pekerja Indonesia di HK juga tidak ketinggalan dalam memanfaatkan Internet, terbukti dari salah satu yg menenteng Laptop bisa buka-buka Facebook untuk berkomunikasi dengan kaawn2 mereka di LN mauapun di Indonesia.

Berikut ini adalah interview kawan dari Migrant Care Indonesia:

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog WARTA KEHIDUPAN

Blog WARTA KEHIDUPAN didedikasikan untuk mewartakan berbagai seluk-beluk kehidupan Rakyat Indonesia agar kita semua dapat memahami dan menyelami kehidupan sehari-hari mereka di alam dunia kemerdekaan Indonesia, sebab banyak diantara mereka yang terlupakan dan terlindas oleh gemerlapannya kehidupan para Selebriti, Tokoh, Pemimpin dan Kaum Jetset yang serba mewah.

Tujuan Blog ini adalah agar kita semua mawas diri, memberikan simpati atas kesukaran hidup mereka-mereka rakyat kebanyakan, serta bersedia untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup mayoritas rakyat Indonesia.

Tanggapan, saran-saran yang positif demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia sangat kita harapkan.

Wassalam,
Pengasuh Blog Warta Kehidupan